Thursday, December 4, 2014

Warm Humble Apple Crumble

  

Kurang lebih ini gambaran saya di dapur
    
    Kapan ya terakhir kali saya posting di sini?. Sebelum blog saya ditumbuhi banyak jamur, alangkah indahnya jika saya mulai nyabutin jamur dan mosting lagi. Apalagi di rumah juga udah mulai numpuk banyak resep-resep masakan yang belum sempet diuji coba di dapur. Kalo gak karena nguberin anak lari dan jadi cctv, mungkin saya sudah ublek-ublek dapur dan angkat kamera untuk belajar food photography.

   Karena saya nge-fans soro sama om Gordon Ramsay akibat dicekokin dengan acara masterchef US di tv, saya jadi keblinger gak sadarkan diri buat beli bukunya. Setelah dibaca-baca, gilingaann...masakannya canggih-canggih dan bener-bener butuh teknik dan kesabaran. Masak beginian musti rileks gak sambil ngawasin anak niy, pikirku. 

    Pernah denger istilah an apple a day keeps a doctor away?. Saya termasuk salah satu penggemar apel. Pokoknya setiap hari pasti ngrokoti apel, makan apple pie, atau sekedar minum jus apel. Kali ini pengen makan apel bentuk lain dari apple pie. Namanya apple crumble. Hampir sama seperti apple pie, cuma di resep kali ini om Gordon bikin versi hot desert dan dijamin berhasil buat novice seperti saya ini. Maksud dari posting kali ini cuma berbagi pengalaman aja siy. Gak ada maksud untuk jadi tim marketernya Gordon Ramsay. Cuma belajar memasak demi kebahagiaan perut keluarga sekaligus melatih cooking skill saya yg bukan wanita tulen. Salah satu masakan saya yg sukses besar sepertinya bikin Ayam kecap *sigh. 

   Menurut buku siy, dari yg amatir sampek yg pro-cook bisa kok masak. Sebelum memasak saya selalu inget apa kata chef Gusteau di film Ratatouille. Anyone can cook, so let's cook!

                                   Gordon Ramsay's Apple Crumble
                                                      source : Gordon Ramsay's Ultimate Cookery Course

  • 6 tbsp caster sugar--- (aku pake gula pasir)
  • Pinch of ground cinnamon
  • 1 vanilla pod, seeds only--- (aku pake bubuk vanilla)
  • 6 apples, cored but not peeled, 3 of them grated, 3 cut into chunks
  • 3 tbsp dried cranberries--- (gak pake, susah carinya)
  • Zest of 1 lemon, juice of ½
  • FOR THE CRUMBLE TOPPING:
  • 100g plain flour
  • 2 tbsp demerara sugar--- (aku pake brown sugar)
  • 50g butter, chilled and cubed-- (aku pake anchor)
  • Pinch of ground cinnamon
  • 4 tbsp nutty granola or muesli--- (aku pake quacker oats trus dikasi kismis)
Instructions
  1. Preheat the oven to 200°C/Gas 6.
  2. Heat a small hob-proof baking dish, add the caster sugar and heat for about 5 minutes until it caramelises. Add the cinnamon, vanilla seeds and grated apples and cook for 1–2 minutes. Stir in the apple chunks, then mix in the cranberries, lemon zest and juice. Remove from the heat and set aside.
  3. To make the topping, place the flour, sugar, butter and cinnamon in a bowl and rub together with your fingertips until the mixture resembles breadcrumbs. Add the granola and mix until fully incorporated.
  4. Scatter the crumble topping over the fruit and heat the dish again on the hob. Once the apple mixture is bubbling, transfer to the preheated oven and bake for 12–14 minutes until the topping is a deep golden colour. Remove and serve warm.


Cara bikin :

  • Oven dipanaskan di suhu 200 derajat celcius 
  • Panaskan baking dish (semacam wajan untuk casserole yg bisa dibuat untuk memasak langsung di atas kompor dan dipanggang). Masukkan gula dan panaskan selama 5 menit sampai terbentuk karamel. Untuk bikin karamel ini musti sabar yah dan baking dishnya sambil diputer-puter supaya merata. Masukkan bubuk kayu manis, vanila dan apel yg sudah diparut, masak selama 1-2 menit. Masukkan apel yang sudah dipotong-potong, cranberry jika ada, kulit lemon dan air lemon. Aduk dan matikan kompor 
  • Untuk bikin toppingnya, Campur tepung, gula, butter, bubuk kayu manis. Campur dengan tangan sampai terbentuk crumble atau remah-remah. 
  • Masukkan campuran topping ke atas adonan apel yg telah dimasak tadi, dan panaskan kembali dengan kompor sampai muncul gelembung. Setelah muncul gelembung, masukkan ke dalam oven dan panggang selama 12-14 menit sampai topping berwarna keemasan. Disajikan hangat 


                                                 
                                        Warm Apple Crumble yg dicacah-cacah anak saya   T_T


   Voila, ini hasilnya. Karena saya gak terlalu bisa food photography ya begini deh tampilannya. Oh iya, ini tadinya satu pan penuh, tapi begitu diangkat dari oven, anak saya ngecium bau dessert dan teriak-teriak minta. Karena kondisinya masih panas, jadinya dicacah-cacah sama anak saya biar panasnya ilang sekaligus dibuat mainan. Overall, rasanya enak, ada rasa acidic kick, anti gagal yg pasti, dan enak dimakan selagi hangat (menurut saya).

Buat yg punya itchy fingers pengen klutekan di dapur, monggo dicoba. Bahan-bahannya murah, gampang didapat dan yg terpenting itu anti gagal biar gak malu-maluin diliat suami.

Saya bukan chef pro seperti chef Marinka, gak ahli memodifikasi resep, apalagi food photography, bukan pula ahli nge grill seperti abang penjual sate di depan rumah. Saya cuma bisa uji coba dari resep yang ada. Itupun sempet kalo gak digangguin anak. Masih ada satu truk buku resep di rumah yg belum saya coba dan semakin hari semakin bertambah aja kayaknya T_T, helepp..


Resep sama kenyataan jarang banget sama hasilnya



0 comments:

Post a Comment

Monggo dikomen

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Subscribe My Channel Youtube

Follow my Instagram

Instagram

Followers

Categories

none

none

Text

Featured Posts

Total Pageviews

Pages

Thank you sudah masuk ke blog ini. Jangan lupa tinggalkan komen dan follow ya, nanti aku follow balik

Copyright © Rusty Fingers | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com